Seputar Dapur

Sharing seputar dapur. Kumpulan resep masakan, tips memasak, perabotan dapur dan desain dapur

Rabu, 29 Mei 2013

Agar Hasil Gorengan Renyah Garing

Agar Hasil Gorengan Renyah Garing



Agar renyahnya tahan lama, menu gorengan harus diolah dengan tahapan yang tepat. Muali dari bahan, jenis wajan, suhu minyak hingga waktu menggoreng. Kalau telaten mengikuti beberapa tahap ini, dijamin gorengan kriuk enak!

Teknik deep frying sendiri merupakan metode penggorengan makanan dengan menggunakan minyak dalam jumlah melimpah. Agar hasilnya garing enak, perhatikan 6 hal ini :


1. Siapkan alat dan bahan
Saat menggoreng, butuh ketepatan waktu agar tingkat kematangannya pas, dan gorengan yang sudah matang harus cepat diangkat. Agar tak menghabiskan waktu, siapkan saringan dan juga wadah beralaskan kertas atau tisu untuk meniriskan. Juga potong atau iris bahan-bahan yang akan digoreng.

2. Jenis penggorengan
Untuk hasil pemasakan yang ideal, alat deep fryer elektrik bisa jadi solusinya. Namun untuk penggunaan rumahan, bisa digunakan panci berukuran sedang. Panci dipilih karena permukaannya yang datar dan membuat panasnya lebih merata, dibanding wajan dengan permukaan melengkung.

3. Penggunaan minyak
Ukuran dan tinggi panci menjadi acuan untuk menakar minyak. Umumnya, minyak yang digunakan sekitar setengah dari tinggi panci. Jangan lebih dari setengah, karena biasanya minyak akan naik sekitar 5 cm karena diisi oleh makanan yang digoreng.

4. Suhu minyak
Sebelum makanan dimasukkan ke dalam minyak, pastikan jika minyaknya sudah benar-benar panas. Suhu minyaknya yang paling ideal 170 C.

5. Tahap penggorengan
Untuk menggoreng, usahakan untuk terus mengamati makanan yang digoreng. Saat permukaannya sudah mulai kuning keemasan, warna gorengan akan cepat berubah menjadi kecokelatan. Tiriskan segera agar tidak menjadi gosong.

6. Jumlah bahan yang digoreng
Usahakan untuk tidak menggoreng dalam jumlah terlalu banyak. Gorenglah secara bertahap. Usahakan masih ada ruang untuk makanan yang digoreng di dalam wajan agar bisa matang sempurna dalam waktu sama. tak berlebihan, Untuk tahap penggorengan kedua, jangan langsung dimasukkan adonannya. beri jeda waktu sebelum memasukkan adonan agar suhu minyak kembali naik atau panas.

Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar